Lihat Penampilan Selvi Ananda sebagai Ketua PKK, Ada Pesan untuk Laki-laki Jelang Menikah

Lihat Penampilan Selvi Ananda sebagai Ketua PKK, Ada Pesan untuk Laki-laki Jelang Menikah
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta Selvi Ananda. Foto: ANTARA/HO/Pemkot Surakarta

jpnn.com, SOLO - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta Selvi Ananda menekankan mengenai pentingnya menekan angka stunting atau gagal tumbuh.

Dikatakan, Pemerintah Kota Surakarta, terus mendorong penurunan angka stunting menyusul dijadikannya kota tersebut sebagai daerah percontohan program pendataan keluarga dan penurunan angka stunting oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Kami bertekad untuk makin fokus pada penanganan kesehatan ibu hamil dan balita, supaya angka stunting makin turun," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta Selvi Ananda di Solo, Jumat (12/3).

Istri wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ini mengatakan, dengan menurunnya angka stunting dan penanganan kesehatan ibu hamil maka anak akan makin tumbuh cerdas dan ibu juga sehat.

Selvi Ananda mengatakan, salah satu yang menjadi fokus adalah arahan untuk mengurangi stunting yang disebabkan kurang gizi.

Dikatakan, stunting sangat berbahaya karena memengaruhi kesehatan organ, kecerdasan, dan rentan penyakit.

"Harus dibukakan pemahaman, ibu menjadi cikal bakal generasi penerus bangsa, maka stunting harus dicegah," katanya.

Menurut dia, beberapa upaya menghindari stunting, di antaranya dengan menghindari nikah dini, perhatian pola asuh 1.000 hari usia anak dengan ASI eksklusif, pemeriksaan kesehatan minimal empat kali, dan mengikuti kelas hamil.

Selvi Ananda, istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, bicara soal pentingnya menekan angka stunting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News