Lily Wahid Tempuh Jalur Hukum

Lily Wahid Tempuh Jalur Hukum
Lily Wahid Tempuh Jalur Hukum
JAKARTA - Ancaman pergantian antar waktu (PAW) yang bakal dilayangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada dua kadernya, Lily Wahid dan Effendi Choirie alias Gus Choi, kali ini sepertinya tidak bakal meleset lagi. Menyusul sikap berbeda yang ditunjukkan keduanya saat voting angket pajak kemarin, sanksi berat bisa dipastikan tinggal menunggu waktu.

           

“Mereka akan direcall. Kita akan memberikan punishment dan Senin depan suratnya (PAW) akan dilayangkan,” kata Ketua DPP PKB Marwan Ja’far di Gedung DPR. Marwan menegaskan, sikap membelot dari sikap resmi fraksi yang ditunjukkan Lily Wahid dan Gus Choi saat penentuan angket pajak Senin kemarin adalah bentuk ketidaktaatan kepada partai yang sudah tidak bisa ditoleransi lagi. Pasalnya, sikap serupa, ungkapnya, sudah berulang kali dilakukan keduanya.  “Dua-duanya sudah pernah mendapatkan SP2 dan untuk recall ini menunggu SP3. Dan khusus untuk ini DPP akan pleno paling lambat besok (hari ini-red),” paparnya.

  

Sementara disinggung mengenai ancaman PAW ini, Lily Wahid mengatakan, tidak mudah sebuah partai untuk mem-PAW kadernya dari keanggotaan DPR. Menurutnya sudah ada syarat-syarat dan ketentuan baku mengenai seperti apa seorang anggota DPR bisa dipecat dan digantikan. “Tidak bisa semena-mena untuk mengganti anggota DPR.

Dan kalau itu dilakukan tentu saya akan menggugat dong. Tapi kalau dipecat dari PKB, itu silakan saja,” ujarnya. Bagi Lily, menjadi anggota DPR adalah bagian dari hak konstitusional yang dimilikinya. Itu karena dirinya dipilih langsung rakyat. Jadi, apabila benar dipecat, adik kandung Gus Dur ini mengaku akan melawan dengan langkah hukum.  Terkait upaya ini Marwan mempersilakan saja baik Lily Wahid maupun Gus Choi apabila akan menempuh jalur hukum. Di negara demokrasi menurutnya adalah hak setiap orang untuk melakukan pembelaan hukum jika memang merasa diperlakukan tidak adil. ‘Silakan saja itu hak pribadi mereka,” terangnya singkat. (did)

JAKARTA - Ancaman pergantian antar waktu (PAW) yang bakal dilayangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada dua kadernya, Lily Wahid dan Effendi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News