Lima Daerah Raih Penghargaan Raksaniyata 2011

Lima Daerah Raih Penghargaan Raksaniyata 2011
Lima Daerah Raih Penghargaan Raksaniyata 2011
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Boediono menyerahkan penghargaan Raksaniyata 2011 kepada lima kabupaten. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang dianggap mampu mempertahankan tutupan vegetasi berhutan pada kawasan berfungsi lindung.

"Terima kasih kepada para bupati yang sudah menjadi pelopor di daerahnya masing-masing. Semoga daerah lain juga mengikutinya. Ini adalah gerakan bersama yang harus melibatkan seluruh elemen, semua yang peduli terhadap kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati," kata Boediono saat memebrikan sambutan pada acara penyerahan penghargaan Raksaniyata 2011 di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (16/11).

Kelima kabupaten yang meraih pengharagaan itu masing-masing, Kolaka (Sulawesi Tenggara), Deli Serdang (Sumatera utara), Buleleng (Bali), Lampung Barat (Lampung), dan Paser (Kalimantan Timur). Selain penghargaan Raksaniyata, empat kabupaten juga diberikan piagam Raksaniyata, yakni Blitar (Jawa Timur), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat), Bojonegoro (Jawa Timur), dan Sumbawa (Nusa Tenggara Barat).

Menurut Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, pemberian penghargaan didasarkan pada evaluasi kinerja terhadap 103 kabupaten, dimana terdapat 88 kabupaten yang bisa menjaga kawasan hutan berfungsi lindung. Kemudian dari 88 kabupaten ini diseleksi menjadi lima kabupaten yang mendapat penghargaan dan empat lainnya mendapat piagam. "Program ini diarahkan untuk mengetahui simpanan karbon dari tutupan lahan guna mendukung penurunan gas rumah kaca 26 persen," katanya.

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Boediono menyerahkan penghargaan Raksaniyata 2011 kepada lima kabupaten. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News