Limbah Exxon Cemari Lingkungan Aceh

Limbah Exxon Cemari Lingkungan Aceh
Limbah Exxon Cemari Lingkungan Aceh
BANDA ACEH– ExxonMobile tak hanya menimbulkan kerusakan lingkungan di kawasan eks lahan yang dikerjakannya di wilayah Aceh. Bahaya mercury juga mengancam kelangsungan hidup masyarakat di Nangroe Aceh Darussalam. Kini pencemaran zat mercury di kawasan lingkungan lokasi eks laboratorium PT Exxon Mobil di Desa Hueng, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, itu sedang dalam penelitian dan tes di laboratorium tanah Unsyiah dan Bapedalda Provinsi Aceh.

“Tim kita beberapa waktu lalu sudah turun ke lokasi, melakukan penelitian terhadap pencemaran yang diduga zat mercury, dan sudah mengambil beberapa sempel untuk diteliti di laboratorium. Sekarang masih dalam proses penelitian. Kita masih menunggu hasilnya," ujar Kepala Bapedalda Aceh, Husaini Samaun kepada koran ini, Selasa (27/7).

Husaini menyebutkan, kawasan lingkungan yang diduga  tercemar zat mercury, sementara sudah diisolasi, agar tidak dijamah masyarakat. Karena dampak zat mercury berbahaya bagi kesehatan. “Sementara kita menduga mercury, namun kita masih menunggu hasil tes laboratorium,” jelasnya.

Husaini menmabahkan, jika hasil tes laboratorium zat mercury yang ditinggalkan PT ExxonMobile terbukti benar, maka Bapedalda Aceh akan melakukan pembahasan lebih lanjut untuk menentukan langkah dan tindakan agar tidak membahayakan masyarakat. (sud/fuz/jpnn)

BANDA ACEH– ExxonMobile tak hanya menimbulkan kerusakan lingkungan di kawasan eks lahan yang dikerjakannya di wilayah Aceh. Bahaya mercury


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News