Limbah Exxon Cemari Sungai Warga

Limbah Exxon Cemari Sungai Warga
Limbah Exxon Cemari Sungai Warga
Tanah Luas-Sejumlah saluran air dan sungai di Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, diduga tercemar limbah minyak berbahaya dari Point A Exxon Mobil. Dugaan sementara, ada kebocoran saluran sehingga masuk ke saluran warga yang hanya berjarak beberapa meter dari perusahaan tersebut, kemarin malam (26/9) sekira pukul 23.00 WIB.

Keterangan yang dihimpun Rakyat Aceh (Grup JPNN), limbah itu awal terlihat di pintu air di Desa Ampeh. Karena terlalu banyak, warga yang mengira itu minyak biasa berusaha mengumpulkannya  ke dalam jerigen.

“Kami baru tahu semalam, awalnya kami duga cairan lain, setelah kami teliti dengan seksama ternyata tumpahan minyak yang mengapung di permukaan air, kemudian  warga beramai-ramai mengumpulkan minyak," ujar Dahlan Kuechik Desa Ampeh.

Ia menjelaskan, jumlah minyak yang sudah dikumpulkan warga bisa mencapai ratusan liter, masing-masing warga menampung sebanyak 40 liter dan sampai saat ini puluhan warga bahkan bisa ratusan warga masih mengerumuni lokasi tumpahan minyak tersebut. “Ini pasti limbah dari Exxon Mobil, namun sampai saat ini pihak Exxon belum melakuka apapun, tadi ada datang pihak BLHK Aceh Utara  untuk mengambil sampel minyak. Namun mereka belum bisa mengatakan apakah itu berbahaya atau tidak,” ujarnya lagi.

Tanah Luas-Sejumlah saluran air dan sungai di Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, diduga tercemar limbah minyak berbahaya dari Point A Exxon Mobil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News