Limbah Sedot Tinja Dibuang ke Citarum

Limbah Sedot Tinja Dibuang ke Citarum
Limbah Sedot Tinja Dibuang ke Citarum
KARAWANG-Pengusaha-pengusaha jasa sedot tinja di Karawang disinyalir memanfaatkan sungai Citarum sebagai tempat pembuangan akhir hasil kerjanya. Pasalnya, tingkat pencemaran air sungai semakin tinggi. Dinas Cipta Karya dinilai tidak melakukan pengawasan atas terbitnya izin pengolahan tinja swasta.

Kepala Dinas Cipta Karya, Yusuf Abdulgani mengatakan, pihaknya mensinyalir banyak pengusaha jasa sedot tinja membuang hasil kerjanya sembarangan khususnya ke sungai Citarum dan irigasi. “Jika itu dibiarkan maka akan sangat berbahaya bagi lingkungan,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini peningkatan penduduk di Karawang semakin tinggi, akibatnya banyak pengguna jasa sedot tinja. “Pengolahan IPLT diharapkan bisa menjadi solusi untuk dibuat jadi lumpur, sebab berguna untuk pupuk juga. Tapi kita akan mengkaji kembali pembuatan IPLT tersebut," katanya.

Sementara itu, Sekertaris Pendekar, Dudung Ridwan menilai jika pengawasan dari dinas Cipta Karya sangat minim, jika sudah ada indikasi adanya pembuangan tinja ke sungai kenapa tidak ditindak, selain itu dalam pemberian izin harusnya dinas cipta karya saat itu mempertanyakan kemana pembuangan limbah manusia tersebut.

KARAWANG-Pengusaha-pengusaha jasa sedot tinja di Karawang disinyalir memanfaatkan sungai Citarum sebagai tempat pembuangan akhir hasil kerjanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News