Jumat, 26 April 2019 – 16:50 WIB

Lion Air Semarang-Jakarta Batal Terbang, Begini Kronologisnya

Senin, 11 Februari 2019 – 20:50 WIB
Lion Air Semarang-Jakarta Batal Terbang, Begini Kronologisnya - JPNN.COM

Lion Air. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Pesawat Lion Air JT-507 rute Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten batal terbang.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, penerbangan JT-507 sudah dipersiapkan dengan baik.

Pesawat telah menjalani proses pemeriksaan sebelum keberangkatan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight). Penerbangan JT-507 akan diberangkatkan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LFK dengan total tujuh kru beserta 175 penumpang. 

Proses seluruh penumpang masuk ke kabin pesawat (boarding) berjalan lancar. Pukul 13.00 WIB, pesawat didorong mundur dan bersiap mengarah ke landas hubung (taxiway).

"Ketika posisi pesawat masih berada di landas parkir (apron), pilot memutuskan untuk kembali ke landas parkir (return to apron/ RTA)," kata Mandala dalam keterangan resminya, Senin (11/2).

Dia menjelaskan keputusan ini guna memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, dikarenakan pesawat mengalami kendala teknis (technical).

"Berdasarkan SOP, teknisi segera melakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan pilot," jelasnya.

Mandala menegaskan setelah pemeriksaan yang dilakukan teknisi, pesawat membutuhkan komponen pengganti dan menunggu didatangkan dari Jakarta.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar