Liput Kasus Kematian Misterius, Wartawan China Dikeroyok 3 Polisi

Liput Kasus Kematian Misterius, Wartawan China Dikeroyok 3 Polisi
Ilustrasi petugas kepolisian di China. Foto: Peter PARKS / AFP

jpnn.com, BEIJING - Tiga anggota kepolisian di Kota Bijie, Provinsi Guizhou, China, ditahan dan dicopot dari jabatannya setelah menyerang seorang wartawan hingga mengalami luka-luka.

Wakil Kepala Kepolisian Sektor Machang bermarga Xiong dan seorang anggotanya bermarga Tao dikenai hukuman kurungan penjara, masing-masing selama 20 hari.

Sementara seorang anggota lagi bermarga Xiong dihukum kurungan penjara selama 15 hari.

Kepolisian Bijie dalam keterangan persnya yang dipantau di Beijing, Sabtu, menyatakan bahwa Xiong dicopot dari jabatannya, sedangkan Tao dan Li dipecat.

Media lokal juga melaporkan bahwa seorang Deputi Sekretaris Partai Komunis China (CPC) Kota Machang bermarga Peng juga dicopot karena berperan penting dalam kasus penganiayaan jurnalis tersebut.

Pihak kepolisian menerima laporan dari seorang wartawan yang dianiaya petugas di dekat lokasi pembangkit listrik tenaga air pada Selasa (30/4) pukul 06.22 waktu setempat (05.22 WIB).

Polisi langsung mendatangi lokasi kejadian dan segera membawa korban ke rumah sakit terdekat akibat luka-luka yang dideritanya.

Polisi mengidentifikasi wartawan tersebut bermarga Li, tetapi Sixth Tone, portal berita yang bermarkas di Shanghai, menyebut nama lengkap korban dengan Li Xiangcheng.

Kepada wartawan China, Li mengungkapkan bahwa mobil petugas yang menghalangi liputannya tiba 30 menit setelah dirinya tiba di lokasi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News