llmuwan Deteksi Banjir Besar di Lapisan Bawah Antartika

llmuwan Deteksi Banjir Besar di Lapisan Bawah Antartika
llmuwan Deteksi Banjir Besar di Lapisan Bawah Antartika
LEEDS--Para ilmuwan menemukan bukti adanya banjir besar di bawah lapisan Antartika. Penyebab kejadian tersebut diduga berasal dari sebuah danau di dalam lapisan tanah yang tiba-tiba longsor karena  mencair.

Hal ini berhasil dideteksi satelit pemantau ketika lapisan es setebal 2.7 km terbenam mengisi kekosongan ruang yang ditinggalkan es mencair tersebut. "Debit puncak ketika peristiwa itu terjadi lebih dari dua kali lipat laju aliran normal Sungai Thames London," kata Dr Malcolm McMillan dari Inggris University of Leeds, seperti dilansir BBC (2/7).

Dijelaskannya, lokasinya di daerah Cook Sub-Glacial Lake (SGL) di timur Benua Antartika. Terjadi selama jangka waktu sekitar 18 bulan pada 2007-2008.

Kejadian itu terdeteksi dari kombinasi data yang dikumpulkan satelit ICESat dan satelit terbaru CryoSat. Keduanya, mencatat penurunan ketinggian permukaan es yang terkait dengan amblasnya lapisan es di atas obyek.

LEEDS--Para ilmuwan menemukan bukti adanya banjir besar di bawah lapisan Antartika. Penyebab kejadian tersebut diduga berasal dari sebuah danau di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News