Logistik Pemilukada Jatim Sudah Beres Hingga TPS

Logistik Pemilukada Jatim Sudah Beres Hingga TPS
Logistik Pemilukada Jatim Sudah Beres Hingga TPS

jpnn.com - SURABAYA - Sekretaris KPU Jawa Timur Jonathan Judianto menyatakan bahwa masalah kelengkapan dan distribusi logistik sudah klir. Menurutnya, berdasar pantauan maupun laporan anak buahnya, belum ada kendala berarti soal logistik di tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Saya sudah perintah staf untuk tetap berkeliling," katanya Rabu (28/8). "Dan segera menambal apa yang menjadi kekurangan."

Menurutnya, logistik pemilukada juga sudah terkirim semuanya. Termasuk untuk ­Pulau Masalembu, Pulau Karamian, dan Pulau Masakambing sudah selesai kemarin siang.

Dari daerah dilaporkan, semua TPS umumnya sudah siap melaksanakan pemungutan suara meski harus menggunakan logistik darurat. Di Pamekasan, misalnya, KPU setempat terpaksa menggunakan seribu bilik suara pinjaman dari KPU Sumenep. KPU Pamekasan kekurangan bilik suara lantaran digondol maling pada awal 2012.

Sekretaris KPU Pamekasan Bambang Chairul Huda mengakui, total bilik suara yang dibutuhkan di wilayahnya mencapai 3.274. "Yang jelas, sejak saya bertugas di sini, KPU Pamekasan memang kekurangan bilik suara," ungkap Bambang kemarin.

KPU Pamekasan sudah melaporkan permasalahan tersebut dan disarankan untuk meminjam kekurangan bilik suara ke KPU Sumenep. "Mereka siap meminjamkan seribu bilik suara," ujarnya.

Untuk sekadar diingat, sebanyak 4.700 bilik suara milik KPU Pamekasan, yang disimpan di gudang, hilang pada awal 2012. Sejauh ini kasus tersebut sudah ditangani pihak kepolisian. Dalam perkembangannya, polisi menetapkan MS sebagai tersangka. Namun, hingga saat ini belum ada kabar lagi dari kasus itu.

Dari Lumajang dilaporkan, panwaslu mengumpulkan anggota panwascam untuk memastikan semua saksi mendapatkan formulir C1 di tiap-tiap TPS. Panwascam juga menitikberatkan pengawasan terkait dengan stikerisasi untuk pasangan cagub-cawagub nomor 4 Khofifah-Herman. "Kami awasi betul," kata anggota Panwaslu Lumajang Hisbullah Huda kemarin. Dia juga melarang penggantian stikerisasi dengan tulisan tangan.

SURABAYA - Sekretaris KPU Jawa Timur Jonathan Judianto menyatakan bahwa masalah kelengkapan dan distribusi logistik sudah klir. Menurutnya, berdasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News