Lokal Naik, Ekspor Kakao Anjlok

Lokal Naik, Ekspor Kakao Anjlok
Lokal Naik, Ekspor Kakao Anjlok
JAKARTA - Ekspor biji kakao Indonesia tercatat mengalami penurunan ekspor yang signifikan pada semester pertama 2012. Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) membukukan ekspor produsen kakao ketiga terbesar di dunia ini hanya mencapai 66.120 ton pada paro pertama 2012, atau anjlok 44,17 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 118.447 ton. Lemahnya produksi biji kakao di dalam negeri dianggap menjadi penyebab menurunnya gairah eksportasi.

Sekretaris Eksekutif Askindo Firman Bakri Anom mengatakan, merosotnya performa produksi kakao pada enam bulan pertama 2012 dikarenakan anomali cuaca. Menurutnya,  cuaca pada awal tahun tak begitu mendukung untuk perkebunan kakao yang membutuhkan keadaan normal cuaca, yakni tidak kering dan tidak basah.

Akhirnya, April yang digadang-gadang menjadi musim puncak panen kakao selain Oktober, tak mampu mencatat kinerja yang memuaskan. Dilihat dari jumlah ekspor yang hanya 66.120 ton, diprediksi produksi kakao semester awal tak mencapai 50 persen dari target nasional sebesar 450 ribu ton.

Namun demikian, Firman masih optimistis melihat tren cuaca pada semester kedua yang cenderung membaik. Sehingga, diharapkan target produksi tahun ini mampu tercapai, dan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 435 ribu ton. "Kami harap pada semester kedua cuaca lebih mendukung," jelasnya.

JAKARTA - Ekspor biji kakao Indonesia tercatat mengalami penurunan ekspor yang signifikan pada semester pertama 2012. Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News