Lokalisasi Ditutup, PSK Terima Kompensasi Rp 7 Juta

Lokalisasi Ditutup, PSK Terima Kompensasi Rp 7 Juta
Lokalisasi Ditutup, PSK Terima Kompensasi Rp 7 Juta

jpnn.com - SURABAYA - Rencana realisasi penutupan lokalisasi Klakah Rejo, Surabaya tinggal lima hari. Pemkot melalui dinas sosial (dinsos) melakukan serangkaian persiapan. Salah satunya, menyiapkan dana jaminan sosial bagi PSK yang beroperasi di sana.

Dana tersebut bersumber dari hibah Kementerian Sosial (Kemensos). Pencairannya dilakukan minggu ini atau minimal sebelum 25 Agustus, yang mana secara resmi lokalisasi tersebut ditutup.

Berdasar info terakhir yang diterima dinsos, Kemensos menaikkan jumlah bantuan untuk para PSK di Klakah Rejo sebesar Rp 7,050 juta. Dana kompensasi tersebut diperuntukkan masing-masing PSK.

 Jumlah itu lebih banyak dibanding dana yang diterima PSK Tambakasri dan Bangunsari ketika penutupan. Masing-masing PSK Tambakasri menerima Rp 5 juta. Sementara itu, PSK Bangunsari mendapatkan Rp 3 juta.

"Dana kompensasi untuk PSK Klakah Rejo nanti memang dinaikkan. Kami sudah mengirim surat untuk pencairan dana. Mungkin pekan ini dana itu bisa dicairkan," terang Kepala Dinsos Supomo.

Peningkatan dana kompensasi tersebut merupakan kebijakan Kemensos. Dinsos hanya menerima keputusan, tidak turut campur dalam hal penentuan dana kompensasi. Supomo memerinci, dana kompensasi itu ditujukan untuk stimulus usaha bagi para PSK. Jumlahnya Rp 5 juta. Sisanya adalah biaya hidup 90 hari sebesar Rp 1,8 juta. Dan, dana pemulangan PSK Rp 250 ribu.

Pencairan dana tersebut menunggu proses verifikasi. Supomo mengatakan, tim pusat memverifikasi data yang sudah diberikan dinsos. Jika data tersebut dinyatakan valid, dinsos akan berangkat ke Jakarta untuk mengambil dana itu.

Setelah menerima dana tersebut, bukan berarti PSK bisa menggunakan seeenaknya. Sebab, dinas terkait akan mengawasi mereka ketika mengunakan dana hibah itu, terutama untuk modal usaha. "Sebelum ditutup, dilakukan pendataan mengenai jenis usaha yang akan didirikan eks PSK," papar Supomo.

SURABAYA - Rencana realisasi penutupan lokalisasi Klakah Rejo, Surabaya tinggal lima hari. Pemkot melalui dinas sosial (dinsos) melakukan serangkaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News