Lowongan CPNS 2018 untuk Lulusan SMA, Tersedia 2.676 Formasi

Lowongan CPNS 2018 untuk Lulusan SMA, Tersedia 2.676 Formasi
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kesempatan menarik bagi lulusan SMA sederajat yang ingin menjadi CPNS 2018 lewat jalur sekolah kedinasan.

Tahun ini, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) menyediakan 2.676 formasi yang dibuka untuk pendidikan kedinasan perhubungan laut, udara, hingga perkeretaapian.

Hal ini sesuai harapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka penerimaan calon taruna/taruni (catar) sekolah kedinasan tahun akademik 2018/2019 dengan kuota jauh lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun lalu jumlahnya kurang dari 500 catar untuk STTD, kini menjadi 2.676 formasi," ujar Menteri Asman, Kamis (11/4).

Dia menyebutkan, jumlah tersebut dibagi ke dalam dua kelompok, yakno 1.988 formasi program studi pola pembibitan Kemenhub, dan 688 formasi program studi pola pembibitan pemda.

Berdasarkan pengumuman penerimaan calon mahadiswa/taruna (Cama/Catar) sekolah kedinasan Kemenhub, terdapat 11 lembaga pendidikan yang dibuka. Tahun-tahun sebelumnya, hanya satu, yakni STTD yang masuk dalam pendidikan tinggi kedinasan.

Sedangkan 10 lembaga pendidikan lainnya, memang sudah eksis, rekrutmen cama/catarnya dilakukan secara mandiri, dan lulusannya juga tidak dialokasikan untuk CPNS. Mereka dibebaskan melamar dan di swasta, karena biaya pendidikan selama kuliah tidak ditanggung negara.

Seiring dengan kebutuhan SDM Aparatur, khususnya pegawai ASN di sektor perhubungan yang terus meningkat, maka 10 lembaga pendidikan di lingkungan Kemenhub itu dijadikan sekolah kedinasan, sehingga kini ada 11 sekolah kedinasan.

Bagi para lulusan SMA yang ingin menjadi CPNS 2018, bisa memanfaaatkan jalur sekolah kedinasan, seperti sekolah tinggi transportasi darat (STTD).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News