LP3ES Beberkan Survei Teranyar Elektabilitas Parpo dan Capres, Begini Hasilnya

Rabu, 05 Mei 2021 – 22:41 WIB
LP3ES Beberkan Survei Teranyar Elektabilitas Parpo dan Capres, Begini Hasilnya - JPNN.com
Rilis Survei LP3ES periode 8-15 April 2021, Rabu (5/5). Foto: dokumentasi LP3ES.

jpnn.com, JAKARTA - Upaya Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersafari politik mulai membuahkan hasil.

Hal itu tergambar dari hasil survei yang dikeluarkan Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) periode 8-15 April 2021.

Survei LP3ES menyebut elektabilitas Demokrat tercatat 11,2 persen, hanya kalah dari PDIP yang tercatat sebesar 24 persen.

"Partai Demokrat bertengger pada angka 11,2 persen, berada di posisi kedua setelah PDIP," kata peneliti LP3ES Erwan Halil di Jakarta, Rabu (5/5).

Selanjutnya, Partai Gerindra berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 9 persen. Di bawahnya ada Partai Golkar 7,4 persen.

Survei LP3ES juga mengungkapkan alasan responden memilih parpol tertentu. Satu di antaranya didorong kebiasaan memilih partai tersebut (19,8 persen), visi-misi dan program partai (9,2 persen), dan peduli pada rakyat kecil (8,3 persen).

Menurut Erwan, efek safari politik AHY juga terlihat dari elektabilitas kandidat capres 2024. Di mana, putra sulung Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat dukungan 8,8 persen responden.

Angka itu menjadikan AHY satu-satunya tokoh nonpejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...