LPEI dan Exim Bank se-Asia Bahas Ketahanan Ekonomi & Ekspor Pascapandemi

LPEI dan Exim Bank se-Asia Bahas Ketahanan Ekonomi & Ekspor Pascapandemi
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) hadir dalam pertemuan tahunan Asian Exim Banks Forum, yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 15-17 November 2022. Foto dok LPEI

jpnn.com, MALAYSIA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank membahas tentang ketahanan ekonomi dan ekspor pascapandemi dalam pertemuan tahunan Asian Exim Banks Forum, yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 15-17 November 2022.

Strategi untuk meningkatkan ketahanan di tengah perekonomian global yang melambat menjadi topik utama pada pertemuan yang dihadiri oleh pimpinan Exim Bank se-Asia ini.

Dalam pertemuan yang dikoordinasi Malaysia Exim Bank sebagai tuan rumah ini, ditekankan bahwa dukungan kepada sektor Environmental, Social, and Governance (ESG) merupakan hal yang penting.

Belajar dari pandemi, transformasi digital dan transisi energi menjadi urgen dan perlu dilakukan percepatan.

Thailand Eximbank berbagi informasi mengenai penerapan ESG di lingkungannya. Institusi yang dimiliki seluruhnya oleh Pemerintah Thailand ini bercerita mengenai instrumen finansial berbasis ESG yang telah mereka keluarkan seperti penerbitan green bonds, dan green financing.

Dalam kesempatan tersebut Japan Bank for International Cooperation (JBIC) dan Korea Eximbank berbagi pengalaman mengenai beberapa proyek pembiayaan hijau yang telah mereka jalankan.

LPEI telah memasukkan ESG sebagai value proposition yang menunjukkan dukungan LPEI kepada keberlanjutan lingkungan dan sosial.

Hal ini sejalan dengan anjuran OJK kepada lembaga keuangan di Indonesia untuk menerapkan keuangan berkelanjutan.

LPEI terus memperkuat kerja sama dengan ekosistem ekspor Indonesia, memperluas layanan, serta mengikutsertakan ESG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News