Luhut Binsar Sebut Pemerintah Mempersiapkan Skenario Terburuk Terkait Resesi Global

Luhut Binsar Sebut Pemerintah Mempersiapkan Skenario Terburuk Terkait Resesi Global
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah sedang menghitung dan menyiapkan skenario-skenario terburuk untuk menghadapi kondisi resesi global. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah sedang menghitung dan menyiapkan skenario-skenario terburuk untuk menghadapi kondisi resesi global 2023.

Oleh karena itu, pemerintah melakukan stress test untuk mengidentifikasi risiko dan langkah yang perlu dipersiapkan.

"Presiden sudah perintahkan kemarin untuk melakukan stress test. Dicek, kalau ada skenario begini, skenario begini, apa yang terjadi, bagaimana ekonomi kita masih bisa tidak," kata Luhut Binsar di Jakarta, Rabu.

Dia menegaskan Indonesia bersiap menghadapi the perfect storm.

Perfect storm terjadi karena adanya tiga permasalahan secara bersamaan, yaitu ancaman inflasi tinggi termasuk beberapa negara maju, resesi baik teknis maupun efektif, dan ketidakpastian akibat kondisi geopolitik.

Menurut Luhut, kondisi perfect storm bisa terjadi pada negara manapun di dunia, sehingga Indonesia pun harus berhati-hati.

Terlebih dengan situasi perang Rusia-Ukraina yang tidak tampak akan berakhir dan justru semakin memanas dan dikhawatirkan akan semakin membuat krisis pangan dan energi berlangsung lebih lama.

"Kalau sampai ada limited dan nuclear war, itu sudah sangat berbahaya karena kalau orang sudah terdesak, bukan tidak mungkin dia melakukan apa saja," katanya.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah sedang menghitung dan menyiapkan skenario-skenario terburuk untuk menghadapi kondisi resesi global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News