Luhut Sampaikan Kabar Baik Pertemuan dengan Pangeran MBS & Eks PM Inggris

Luhut Sampaikan Kabar Baik Pertemuan dengan Pangeran MBS & Eks PM Inggris
Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan melaporkan sejumlah agenda penting menyangkut negara, Selasa (8/3).

Ada dua isu yang dilaporkan, pertama, Luhut Binsar menyampaikan hasil kunjungannya ke Riyadh, Arab Saudi. Lalu, hasil pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan eks Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair.

Luhut mengaku sudah melaporkan hasil kunjungannya ke Riyadh, beberapa waktu lalu, kepada Presiden Jokowi.

"Kami baru diterima oleh presiden di Istana Bogor, melaporkan hasil kunjungan ke Riyadh. Jadi, follow up ini karena dari Crown Prince Muhammad bin Salman sangat cepat gerakannya sehingga kami laporkan apa yang harus kami lakukan," ujar Luhut.

Menurut Luhut, Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) tertarik untuk bekerja sama dalam beberapa proyek, antara lain pembangunan ibu kota negara (IKN), suplai minyak mentah untuk petrokimia, hingga mangrove, dan terumbu karang.

"Juga mereka masuk dalam sovereign wealth fund kita. Jadi, PIF (The Public Investment Fund) mereka akan masuk di berbagai macam proyek. Nah, presiden sudah memutuskan, membentuk seperti task force untuk itu," imbuhnya.

Purnawirawan Jenderal TNI itu juga menambahkan tim tersebut akan langsung bekerja dan berkomunikasi dengan pihak Arab Saudi.

Tim tersebut nantinya akan berangkat kembali ke Riyadh untuk melakukan perundingan-perundingan teknis.

Luhut Binsar Panjaitan ditugasi khusus oleh Presiden Jokowi ke Riyadh bertemu dengan Pangeran MBS dan ikut menemui PM Inggris Tony Blair.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News