Luncurkan 2 Buku Terbaru, Bamsoet Ingatkan Ancaman Krisis Global

Luncurkan 2 Buku Terbaru, Bamsoet Ingatkan Ancaman Krisis Global
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta Selatan, Rabu (10/8). Dokumen MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet meluncurkan dua buku hasil karyanya di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (10/8).

Adapun, kedua buku itu berjudul Indonesia Era Disrupsi: Utak Atik Politik Negara di Era Disrupsi dan Pandemi, serta Vaksinasi Ideologi Empat Pilar: Melawan Radikalisme dan Demoralisasi Bangsa.

Bamsoet dalam buku Indonesia Era Disrupsi menekankan bahwa Indonesia sebagai bagian dari komunitas global, tidak terbebas dari pengaruh, lanskap ideologi, politik, dan ekonomi dunia yang berkembang dinamis.

Menurutnya, beragam faktor yang memengaruhi itu seperti harga komoditas global, kebijakan moneter negara maju yang agresif, hingga konflik Rusia-Ukraina.

"Tidak berlebihan ketika Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa ancaman krisis global ada di depan mata. Saat ini, sekitar 320 juta penduduk dunia berada dalam kelaparan akut," kata Bamsoet ditemui saat peluncuran buku di Jakarta Selatan, Rabu.

Bamsoet mengatakan IMF dan Bank Dunia sudah memprediksi perekonomian 66 negara akan ambruk. 

Penurunan dan kontraksi pertumbuhan ekonomi global makin diperburuk oleh tingginya kenaikan inflasi. 

"Merujuk kondisi di tanah air, kenaikan inflasi juga mulai dirasakan menjadi ancaman bagi perekonomian nasional," ujar Bamsoet.

Bamsoet dalam buku Indonesia Era Disrupsi menekankan bahwa Indonesia sebagai bagian dari komunitas global, tidak terbebas dari pengaruh, lanskap ideologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News