Luncurkan Lampu Hasanah pada Tanggal Kelahiran Bung Karno

Luncurkan Lampu Hasanah pada Tanggal Kelahiran Bung Karno
Bung Karno usai salat. Foto: dokumentasi Arsip Nasional

jpnn.com, KARAWANG - Kader PDI Perjuangan Jawa Barat memanfaatkan Juni sebagai Bulan Bung Karno untuk melakukan bakti sosial. Dalam rangka memperingati hari kelahiran Proklamator RI itu, kader PDIP Jabar membantu warga Dusun Tanjakan Pacul, Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel untuk menikmati listrik.

Adalah Margono, kader PDIP Jabar yang membuat membuat penerangan bernama Lampu Hasanah. Lampu itu dari light-emitting diode (LED). "Alhamdullilah untuk saat ini kita bisa menerangi 50 rumah warga," ujar Margono, Rabu (6/6).

Dia menjelasan, Lampu Hasanah menggunakan lampu LED yang suistanable. Setiap paket Lampu Hasanah terdiri dari lima lampu dengan tingkat keterangan setara 10 watt lampu biasa.

Margono melontarkan idenya tentang Lampu Hasanah karena melihat warga yang tak bisa menikmati listrik. Padahal, mereka tak jauh dari kawasan industri.

Akhirnya Margono berdiskusi dengan Ketua DPD PDIP Jawa Barat TB Hasanuddin. Calon gubernur Jabar itu lantas mendatangi Desa Tanjakan Pacul. “Beliau merespons dengan tawaran teknologi yang sederhana yang murah dan bisa terealisasikan tanpa menunggu lama," ungkap Margono.

Sedangkan untuk mengecas Lampu Hasanah cukup menggunakan genset berkekuatan 2.500 watt. “Jadi jika habis warga bisa mengecas dengan genset yang sudah kami siapkan," ungkap Koni selaku kepala teknisi Lampu Hasanah.

Terpisah, Hasanuddin menyatakan, bakti sosial itu bisa menjadi contoh. “Kita harus memberikan solusi, contohnya yang dilakukan oleh kader kader PDI Perjuangan ini," ujarnya.(rus/rmo/jpg)


Masyarakat di Desa Tanjakan Pacul, Kecamatan Kutanegara, Karawang kini menikmati lampu listrik setelah kader PDIP menyediakan penerangan dari LED.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News