Luncurkan Proyek Satu Israel, Netanyahu Ingin Bangun Jalur Kereta Cepat ke Arab Saudi

Luncurkan Proyek Satu Israel, Netanyahu Ingin Bangun Jalur Kereta Cepat ke Arab Saudi
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto: Times of Israel

jpnn.com, YERUSALEM - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu meluncurkan proyek konstruksi kereta cepat yang akan menghubungkan seluruh wilayah negerinya.

Pada tahap awal, proyek bernama ‘One Israel’ atau itu bakal menghubungkan Kiryat Shmona di dekat perbatasan Lebanon dengan Eilat yang berbatasan dengan Mesir.

Proyek kereta cepat Satu Israel itu senilai NIS (Shekel Baru) 100 miliar atau sekitar Rp 408 triliun.

“Hari ini kami meluncurkan proyek Satu Israel yang menghubungkan seluruh negeri dengan kereta berkecepatan tinggi dari Kiryat Shmona ke Eliat,” ujar Netanyahu di Yerusalem, Minggu (30/7).

Bibi -panggilan akrab Netanyahu- menargetkan proyek kereta cepat itu juga menjangkau negara lain di kawasan Timur Tengah.

Nantinya, kereta cepat Israel akan mengangkut kargo dari Eilat ke pelabuhan milik Israel di Laut Mediterania.

Seiring normalisasi relasi antara Israel dengan Arab Saudi, mantan anggota Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tersebut mengharapkan proyek kereta cepat akan menghubungkan negerinya dengan negara Petrodolar itu.

“… kami juga bisa menghubungkan Israel dengan kereta api ke Arab Saudi dan Jazirah Arab. Kami sedang mengusahakannya juga,” kata Netanyahu.(JPost/jpnn.com)


Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu meluncurkan proyek konstruksi kereta cepat yang akan menghubungkan seluruh wilayah negerinya.


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News