JPNN.com

Luncurkan PS Classic, Sony Gagal Ikuti Jejak Nintendo

Senin, 10 Desember 2018 – 02:53 WIB Luncurkan PS Classic, Sony Gagal Ikuti Jejak Nintendo - JPNN.com

jpnn.com - Sony PlayStation (PS) mengikuti jejak Nintendo. Mengeluarkan konsol game yang pernah populer pada masanya. Nintendo mengawalinya dengan mengeluarkan dua perangkat jagoannya di era '90-an pada 2016. PS mengikuti dengan kembali meluncurkan PlayStation Classic.

Sebagai diketahui, Nintendo mengeluarkan dua konsol sekaligus. Yakni, Super Nintendo Entertainment System (SNES) Classic Edition dan Nintendo Entertainment System (NES). Harga keduanya tidak terlampau jauh. Di lapak Tokopedia, konsol SNES dijual sekitar Rp 1,5 juta. Sedangkan konsol NES dibanderol Rp 1,7 juta.

Dua perangkat itu mirip dengan konsol aslinya yang beredar puluhan tahun lalu. Hanya, ukurannya lebih kecil. Upaya Nintendo meluncurkan ulang SNES dan NES bisa dibilang sukses. Data pada April 2018 menyebutkan, konsol NES Classic saja terjual hingga 5,28 juta unit.

Angka tersebut bisa disebut cukup fantastis. Sebab, game yang dihadirkan dalam konsol itu versi aslinya. Dengan tampilan grafis yang boleh diibaratkan "langit dan bumi" jika dibandingkan dengan game zaman now. Misalnya game yang beredar di smartphone atau konsol terbaru seperti PS4 atau Nintendo Switch.

Nah, kesuksesan Nintendo meluncurkan ulang konsol jagoannya di masa lalu itu diikuti Sony PlayStation. Akhir November lalu beredar kabar bahwa Sony PlayStation bakal kembali meluncurkan perangkat PS1 yang sangat populer pada 2000-an.

Akhirnya, 3 Desember lalu mereka resmi mengumumkan hadirnya Sony PlayStation Classic. Tanggal tersebut dipilih karena merupakan hari ulang tahun PS1. Sebagaimana diketahui, PS1 memang lahir pada 3 Desember 24 tahun lalu.

Kabar bakal dikeluarkannya PlayStation Classic sejatinya berembus sejak Mei lalu. Saat itu CEO Sony Interactive Entertainment John Kodera sendiri yang menyinggungnya. "Perusahaan telah mempertimbangkan (mengeluarkan, Red) PlayStation Classic. Ini dia," katanya sebagaimana dilansir gadgets.ndtv.com.

Seperti reinkarnasi NES dan SNES, wujud PlayStation Classic juga mengecil. Wujudnya benar-benar mirip dengan PS1 yang keluar pada 1994. Bedanya, tempat VCD di PlayStation Classic tidak bisa dibuka. Meskipun di bagian samping ada tombol untuk membukanya. Kemudian, slot untuk memory card juga tidak bisa dibuka.

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...