Lusa Pilkada, Jangan Sampai Pemenangya Calon Pasien KPK

Lusa Pilkada, Jangan Sampai Pemenangya Calon Pasien KPK
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mewanti-wanti masyarakat agar bertindak cermat dalam memilih calon kepala daerah. Menurutnya, para pemilih hendaknya tidak salah pilih saat pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 di 171 daerah lusa (27/6).

Bamsoet -sapaannya- mengharapkan Pilkada Serentak 2018 bisa menghadirkan para abdi masyarakat yang punya kompetensi sebagai pemimpin daerah, paham manajemen birokrasi, visioner, bersih serta jujur dan mau menanggalkan kepentingan pribadi serta kelompok demi kepentingan warga.

“Maka, warga pemilih pun hendaknya menggunakan hak pilih dengan bijaksana, berpijak pada independensi, pikiran jernih serta penilaian objektif terhadap setiap pasangan kandidat calon kepala daerah,” ujar dia melalui pesan singkat, Senin (25/6).

Dia mengungkapkan, para pemilih harus mengutamakan rasionalitas. Sebab, esensi pilkada adalah memilih pemimpin daerah yang mau melayani dan bukan dilayani. Termasuk mengayomi semua elemen masyarakat dan paling tahu yang dibutuhkan daerah dan warganya.

“Pilih kandidat yang mau bekerja keras dan ulet mencari jalan keluar atas setiap permasalahan daerah. Pilih pemimpin yang tampil dengan rencana-rencana yang realistis dan tidak menggerogoti APBD (anggaran belanja dan pembangunan daerah, red,” ujarnya.

Bamsoet menambahkan, saat ini tahapan Pilkada 2018 sedang berada dalam masa tenang. Periode masa tenang berlangsung sejak Minggu (24/6) hingga besok (26/6).

Legislator Partai Golkar itu mengharapkan para pemilih bisa memanfaatkan masa tenang untuk menetapkan pilihan mereka dengan pertimbangan matang. “Berpikir jernih dan objektif dalam menilai sosok calon pemimpin daerah menjadi sangat penting guna menghindari kesalahan memilih,” tuturnya.

Bamsoet menambahkan, para pemilih bisa melihat gambaran sederhana tentang para kepala daerah yang dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Saat ini ruang tahanan KPK itu dihuni puluhan oknum kepala daerah yang diduga terlibat kasus korupsi atau menerima suap,” katanya.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengharapkan Pilkada Serentak 2018 menghasilkan para kepala daerah yang punya kompetensi sebagai pengabdi masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News