Maaf, Tampaknya Peluang Orang Kaltim Jadi Pejabat Otorita IKN Sangat Tipis

Maaf, Tampaknya Peluang Orang Kaltim Jadi Pejabat Otorita IKN Sangat Tipis
Gubernur Kaltim Isran Noor saat mendampingi Presiden Joko Widodo sesi ritual mengisi air dan tanah ke dalam Kendi Nusantara di titik nol IKN, Kecamatan Sepaku, PPU, Kaltim. Foto : Biro Pers Sekretariat Kepresidenan.

jpnn.com, SAMARINDA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta merekrut putra-putri daerah Kalimantan Timur, direkrut untuk mengisi jabatan Deputi di Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Perintah itu disampaikan secara langsung oleh Presiden, kepada Kepala Badan Otorita IKN Nusantara Bambang Susanto dalam rapat terbatas yang digelar seusai pelantikannya, pada Kamis (10/3) lalu.

Kendati demikian, belum disampaikan secara jelas bagaimana mekanisme melibatkan orang daerah untuk bisa menduduki jabatan deputi.

Apakah merekrut orang daerah yang dimaksud dapat ditunjuk secara langsung, atau mesti dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan golongan tertentu.

Keterlibatan orang dari Benua Etama di dalam Badan Otorita IKN turut disuarakan Gubernur Kaltim Isran Noor. Pernyataan itu disampaikan melalui Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim Syafranuddin saat dikonfirmasi JPNN.com pada Jumat (25/3).

"Gubernur Isran sudah sampaikan itu, perlu ada keterlibatan orang Kaltim. Karena yang lebih mengetahui wilayah Kaltim ini kan tentu orang dari sini," ucap juru bicara Gubernur Kaltim itu.

Syafranuddin mengatakan masih belum mengetahui teknis, bagaimana Badan Otorita IKN dapat melibatkan putra-putri daerah. Lantaran sejauh ini aturan tersebut masih disusun oleh Kepala Badan Otorita IKN.

"Sejauh ini masih menunggu peraturan dari kepala Badan Otorita IKN dulu. Nanti mereka pasti ada rapat-rapat. Susunan di lembaga Badan Otorita IKN sepenuhnya ditentukan Kepala Otorita," terangnya.

Menilik perekrutan orang daerah di Kalimantan Timur untuk menjabat Deputi di Badan Otorita IKN Nusantara sangat tipis, berikut penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News