Mabes Polri Sebut WNI Terduga ISIS Itu Lulusan...

Mabes Polri Sebut WNI Terduga ISIS Itu Lulusan...
Martinus Sitompul. Foto: dok/JPG

jpnn.com - jpnn.com -Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan bahwa bahwa TUAB, salah satu WNI yang dideportasi otoritas Turki, Rabu (25/1) dari Syria merupakan bekas pegawainya.

Selain bekas ‎PNS di lingkungan Kemenkeu, Mabes Polri menyebutkan bahwa TUAB merupakan sosok yang berpendidikan. Tercatat, TUAB merupakan lulusan Universitas Adelaide, Australia.

"Informasi identitas yang bersangkutan nanti kami jelaskan. Tapi ‎yang bersangkutan memang lulusan Univesitas Adelaide di Australia," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/1).

‎Terlepas dari itu, Martinus mengatakan, Detasemen Khusus 88 Antiteror masih menyelidiki latar belakang dan motivasi TUAB terbang ke Suriah dan berencana bergabung dengan ISIS.

"Penyidik Densus 88 punya waktu 7x24 jam, kami gali informasi dari yang bersangkutan. Di sana mereka diterima seseorang berinisial A yang memfasilitasi mereka," jelas dia.

‎Menurut Martinus, segala bentuk komunikasi TUAB yang membawa serta istri dan tiga anaknya sebelum dan saat di Suriah, akan diperiksa oleh Densus.

‎"Pada beberapa minggu mereka di sana, ditemukan otoritas Turki. Yang bersangkutan tidak jelas tujuannya mau kemana dan apa kegiatannya. Saat ini mereka sudah ada di Jakarta. Masih digali siapa fasilitator dan motivator mereka," tandas Martinus. (mg4/jpnn)


Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan bahwa bahwa TUAB, salah satu WNI yang dideportasi otoritas Turki, Rabu (25/1) dari Syria merupakan bekas


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News