Madrid vs Muenchen: Rekor Opa Heynckes Jelek jika Dua Leg

Madrid vs Muenchen: Rekor Opa Heynckes Jelek jika Dua Leg
Jupp Heynckes. Foto: Marca

jpnn.com, MADRID - Arsitek tim Bayern Muenchen, Jupp Heynckes sangat akrab dengan Real Madrid. Sepanjang karier kepelatihannya yang berusia 39 tahun tersebut, bukan hanya pernah melatih Real untuk satu musim (1997-1998) dan menghasilkan trofi Liga Champions, Heynckes pun akrab menjadi lawan Real.

Ketika melatih Borussia M'Gladbach, Bayern Muenchen, Athletic Bilbao, dan Tenerife, Heynckes pernah bertarung melawan Real. Rekor kalah-menangnya tipis. Di antara 21 pertemuan, pria berusia 72 tahun itu menang delapan kali, seri empat kali, dan kalah sembilan kali.

Seperti diberitakan The Independent kemarin (30/4), Opa Heynckes berkata tidak ada dalam kamusnya untuk menyerah. Heynckes melakukan rotasi ketika timnya menang 4-1 lawan Eintracht Frankfurt Sabtu (28/4) lalu.

“Kami tak memiliki beban apapun dan lebih bebas dalam pertemuan kali kedua ini. Dibandingkan leg pertama pekan lalu (26/4), kami akan tampil lebih rileks dan cair,” kata Heynckes.

Boleh saja Heynckes melempar beban kepada Real dan entrenador Zinedine Zidane mengenai hasil leg kedua dini hari nanti (2/5). Akan tetapi pria kelahiran M'Gladbach tersebut memiliki rekam jejak buruk kalau bertanding di fase knock out satu kompetisi yang digelar dua kali.

Dalam empat pertemuan dengan Real yang berlangsung dalam dua leg sebelum musim ini, tiga di antaranya berakhir dengan kekalahan. Pertama pada babak ketiga Piala UEFA 1985-1986. Heynckes yang masih bersama Borussia M'Gladbach menang di kandang dengan skor 5-1 pada leg pertama. Namun di leg kedua, M'Gladbach kalah 0-4 di Santiago Bernabeu.

Kedua, perempat final Liga Champions 1987-1988. Heynckes yang menakhodai Bayern saat itu menang 3-2 di kandang, namun kalah 0-2 di Bernabeu. Eliminasi ketiga oleh Real kepada Heynckes terjadi ketika semifinal Copa del Rey 2001-2002. Heynckes yang jadi pelatih Bilbao membawa Les Leones menang 2-1 di kandang namun kalah 0-3 di Bernabeu.

Satu-satunya kemenangan atas Real terjadi di semifinal Liga Champions 2011-2012 lalu. Heynckes yang melatih Bayern membawa Die Roten menang 2-1 di Allianz Arena kemudian menang 4-3 di Bernabeu. (dra)


Rekor buruk Jupp Heycnkes membayangi laga Madrid vs Muenchen yang bakal digelar di Santiago Bernabeu, Rabu (2/5) dini hari WIB.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News