Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya Bikin Mural, Kreatif

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya Bikin Mural, Kreatif
Mahasiswa UM Surabaya melukis mural ingatkan bahaya pinjol illegal. Foto: Humas UM Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya melakukan aksi kreatif melalui media mural dengan tujuan mengingatkan bahaya pinjaman online (pinjol).

Para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah (Hima-PS) itu melukis tembok bertuliskan 'buta pinjaman online sesat membayar cicilan'.

Gambar lainnya berupa seseorang yang membawa 'utang' sangat berat.

Ainul Yaqin selaku koordinator aksi itu mengatakan saat ini pinjol ilegal dimanfaatkan beberapa pihak tidak bertanggung jawab sebagai modus penipuan. Misalnya, bunga pinjaman yang mencekik dan penyalahgunaan data pribadi yang disebar.

"Tidak sedikit teror yang membabi buta didapatkan peminjam yang nunggak. Melalui media mural kami ingin mengingatkan masyarakat tentang bahaya pinjol ilegal," kata dia, Sabtu (4/9).

Menurutnya, mural yang setiap hari dilewati orang bisa menjadi media pengigat yang baik.

"Kami akan terus bergerak di beberapa titik di Surabaya," ujar dia.

Dosen Pendamping Lapangan Arin Setiyowati menyebut bahwa aksi itu dilakukan sebagai bagian dari komitmen mengajak masyarakat agar melek keuangan syariah, khususnya yang berbasis digital.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan aksi kreatif melalui media mural dengan tujuan mengingatkan bahaya pinjaman online (pinjol).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News