Mahfud MD Angkat Bicara Merespons Wacana Penundaan Pilkada Serentak 2024

Mahfud MD Angkat Bicara Merespons Wacana Penundaan Pilkada Serentak 2024
Menko Polhukam Mahfud MD soal oenundaan Pemilu serentak 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bicara merespons wacana penundaan Pilkada serentak 2024.

Mahfud menyebut usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI terkait opsi penundaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024 tidak relevan.

"Tidak relevan. Kalau ada kesulitan lalu pilkada atau pemilu mau ditunda, ya, tidak akan pernah ada pemilu," ujar Mahfud di Yogyakarta, Sabtu (15/7).

Dia menyebut dibentuknya penyelenggara pemilu termasuk Bawaslu justru bertujuan agar tidak ada penundaan pemilu.

Mahfud menegaskan bahwa penyelenggara pemilu adalah lembaga resmi sepanjang waktu yang semestinya mampu melakukan upaya antisipasi sehingga pem?ilu tetap bisa digelar.

"Karena agenda konstitusi tidak boleh mundur," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Mahfud meyakini Pemilu 2024 relatif lebih damai dibandingkan Pemilu 2019 karena hingga empat bulan menjelang pelaksanaannya, tidak ada kekerasan fisik maupun politik.

"Alhamdulillah kita tenang tidak ada kekerasan fisik, tidak ada kekerasan politik. Kalau dulu tahun 2019, tiga tahun sebelumnya sudah berkembang kekerasan-kekerasan politik, kekerasan fisik," tuturnya.

Menko Polhukam Mahfud MD angka bicara merespons usulan oenundaan Pilkada serentak 2024 sebagaimana disuarakan Bawaslu RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News