JPNN.com

Mahfud MD Luncurkan Buku Indek Demokrasi Indonesia 2019, Kualitas DKI Tertinggi

Selasa, 24 November 2020 – 20:29 WIB
Mahfud MD Luncurkan Buku Indek Demokrasi Indonesia 2019, Kualitas DKI Tertinggi - JPNN.com
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meluncurkan buku Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2019 di Jakarta, Selasa (24/11).

Menurut Mahfud, capaian IDI 2019 itu menggambarkan bahwa demokrasi di Indonesia masih berada pada fase prosedural. Belum memasuki taraf substansial.

Demi menuju ke sana, kata Mahfud, diperlukan proses yang panjang dengan didukung oleh semua aspek yang menyangkut kesiapan struktur, substansi, dan kultur demokrasi yang matang serta berkualitas.

"Hasil IDI 2019 ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan di bidang politik," ucap Mahfud MD dalam peluncuran buku IDI di kantor Kemenko Polhukam.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga menjelaskan bahwa penerbitan buku IDI bertujuan untuk memberikan penjelasan yang komprehensif atas potret demokrasi di Indonesia.

"Pemerintah menerbitkan Buku IDI 2019 guna memberikan penjelasan yang komprehensif atas potret demokrasi yang dihasilkan melalui pengukuran IDI selama tahun 2019," jelasnya.

Sebagai catatan, Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) diinisiasi pertama kali oleh Bappenas pada tahun 2008, untuk membantu perencanaan pembangunan politik.

Secara spesifik, aspek-aspek demokrasi yang diukur dalam IDI adalah kebebasan sipil dengan empat variabel dan 10 indikator di dalamnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra