Mahfud MD Sebut Pemerintah Belum Berencana Evakuasi WNI dari Wuhan

Mahfud MD Sebut Pemerintah Belum Berencana Evakuasi WNI dari Wuhan
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan jika pemerintah belum berencana mengevakuasi WNI yang berada di Wuhan, China.

"Belum, belum dipikirkan (evakuasi WNI), karena belum ada negara lain yang evakuasi," kata Mahfud ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/1).

Bahkan, kata dia, pemerintah belum berencana mengirim bantuan logistik bagi WNI yang tengah terisolasi di Wuhan. Menurut dia, pemerintah masih menunggu perkembangan lebih lanjut terkait wabah Corona di Wuhan.

"Sampai saat ini belum (berencana mengirimkan bantuan logistik)," ucap dia.

Berdasarkan data Kemenlu, Selasa (28/1), terdapat 100 WNI di Wuhan. Terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa dari tempat lain. Sementara di Provinsi Hubei, secara keseluruhan ada 243 WNI.

Selama sepekan terakhir, pemerintah China telah mengisolasi Kota Wuhan dan menyiagakan 15 titik karantina di Provinsi Hubei, sebagai respons dari wabah virus corona tipe baru yang telah menewaskan sedikitnya 106 orang dan menjangkiti ribuan lainnya.

Hingga kini, virus Corona telah menjangkiti lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia. Kasus terbanyak ditemukan di China. Tercatat sebanyak 56 orang di China meninggal karena wabah tersebut. (mg10/jpnn)

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan jika pemerintah belum berencana mengevakuasi WNI yang berada di Wuhan, China, terkait mewabahnya virus corona.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News