Alasan Mahyudin, Mengapa Pancasila Perlu Disosialisasikan?

Alasan Mahyudin, Mengapa Pancasila Perlu Disosialisasikan?
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin berdialog dengan ratusan mahasiswa yang memenuhi Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda di Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (2/6). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, SAMARINDA - Wakil Ketua MPR RI Mahyudin berdialog dengan ratusan mahasiswa yang memenuhi Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda di Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (2/6).

Dalam kesempatan itu, Mahyudin sempat mengajukan pertanyaan, “Mengapa Pancasila perlu disosialisasikan?” Selanjutnya, politikus Partai Golkar itu menjawab, "karena bangsa ini gampang lupa.”

Mahyudin memaparkan bahwa kita yang sudah dijajah selama 350 tahun oleh Belanda saja lupa hal yang demikian. Akibat lupa maka kita tidak pernah merasakan bagaimana rasanya dijajah itu.

Menurut Mahyudin, sebenarnya bangsa penjajah bukan bangsa yang hebat. “Kita yang beragam suku dan bahasa saat itu mudah dihasut dan diadudomba,” ungkapnya.

Alasan Mahyudin, Mengapa Pancasila Perlu Disosialisasikan?

Pria asal Kalimantan Timur itu bersyukur akhirnya bangsa kita merdeka. Mahyudin mengutip pidato Soekarno di depan anggota BPUPKI, 1 Juni 1945, bahwa untuk merdeka kita tak perlu memikirkan hal-hal yang njlimet.

“Kita harus merdeka sekarang juga,” ujar Mahyudin mengutip kata Soekarno saat itu.

Saat itu bangsa Indonesia masih dalam kondisi miskin dan bodoh. Mahyudin menyebut hal yang demikian bukan halangan. “Arab Saudi merdeka, kondisinya juga sama,” ungkapnya.

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin berdialog dengan ratusan mahasiswa yang memenuhi Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (2/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News