Mak Ganjar Sumsel Ajarkan Masyarakat Membuat Tapai dari Singkong

Mak Ganjar Sumsel Ajarkan Masyarakat Membuat Tapai dari Singkong
Pelatihan pembuatan singkong yang digelar Mak Ganjar di Palembang. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PALEMBANG - Sukarelawan Mak Ganjar berkolaborasi dengan UMKM setempat menggelar pelatihan membuat tapai dengan bahan dasar singkong di Kelurahan 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumsel, Seftiana mengatakan pelatihan itu menargetkan masyarakat dari berbagai latar belakang, termasuk ibu rumah tangga hingga anggota komunitas lokal yang tertarik untuk mempelajari proses pembuatan tapai dari singkong.

"Mak Ganjar melakukan pelatihan dengan UMKM dalam pembuatan tapai yang berbahan dasar singkong," kata Seftiana dalam siaran persnya, Kamis (22/6).

Seftiana menyatakan pelatihan yang diiringi dengan praktik langsung yang diberikan kepada masyarakat akan memberikan dampak jangka panjang dalam mengembangkan keterampilan membuat tapai, serta potensi wirausaha.

"Memberikan ilmu kepada masyarakat agar bisa membuat tape singkong. Selain untuk cemilan di rumah, bisa dijual untuk pendapatan sehari-hari," ujar dia.

Dalam pelatihan, masyarakat diajarkan memilih singkong yang tepat, membersihkannya, mengolahnya menjadi adonan, dan melakukan proses fermentasi yang benar.

Selain itu, masyarakat juga diajarkan tentang kebersihan dan higienitas dalam pembuatan tapai berbahan singkong agar produk yang dihasilkan aman dan berkualitas tinggi.

"Permentasinya dibutuhkan sekitar tiga hari untuk menghasilkan tapai itu," ujar Seftiana.

Sukarelawan Mak Ganjar mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan tapai singkong bersama warga di Palembang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News