Makan Sayur Bisa Menjaga Kesehatan Mental?

Makan Sayur Bisa Menjaga Kesehatan Mental?
Sayur-sayuran sehat, segar dan awet. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - Saat Anda merasa tidak mood, kesal, sedih, atau bahkan stres berat, makanan memang bisa menjadi penawar perasaan negatif tersebut. Tapi hati-hati, salah pilih makanan justru dapat membuat Anda makin stres. Salah satu cara yang disarankan untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan mental adalah makan sayur.

Jika tak pandai mengontrol diri, perilaku meredakan stres dengan mengonsumsi makanan bisa menjadi bumerang. Pasalnya, bila makanan yang dilahap mengandung kadar gula tinggi, banyak lemak trans, dan punya nilai kalori yang besar pula, makanan tersebut justru bisa membuat Anda semakin gemuk bahkan obesitas.

Nah, kalau sudah begitu, bukannya suasana hati menjadi membaik, justru risiko penyakit kardiovaskular dan ketidakpercayaan diri yang Anda dapatkan. Jadi, sebisa mungkin pilihlah makanan sehat sebagai penawar stres, misalnya menu yang berbahan sayuran.

Sayuran untuk kesehatan mental
Mungkin, tidak terpikir oleh Anda bahwa makanan alami nan sehat seperti sayur bisa memperbaiki kondisi mental. Sebab, selama ini, Anda berpikir bahwa hanya makanan manislah yang mampu mengembalikan kebahagiaan yang hilang.

Padahal, dengan banyak mengonsumsi sayuran, bukan cuma kesehatan fisik yang membaik, tetapi kualitas kesehatan mental juga bisa meningkat.

Dilansir dari Edition.cnn.com, sebuah studi dari Australia pada 2016 menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi ragam buah dan sayuran mengalami peningkatan kesejahteraan psikologis.

Agar hasil penelitiannya sesuai, penelitian tersebut juga memperhitungkan faktor kesejahteraan psikologis lainnya, yakni kesehatan fisik, pendapatan, dan asupan makanan lain.

Hasilnya, menambahkan satu porsi sayur dan buah setiap makan dapat memberikan kebahagiaan jiwa dan menyehatkan mental Anda. Hal ini setara dengan jalan-jalan selama 7 sampai 8 hari dalam sebulan. Satu porsi itu sendiri sama dengan satu cangkir atau satu kepalan tangan tiap individu.

Dengan cara seperti ini, segala kandungan vitamin dan antioksidannya bisa memperbaiki kondisi kesehatan fisik yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News