Makanan Terbaik Atasi Peradangan

Makanan Terbaik Atasi Peradangan
Jahe disebut-sebut memiliki sifat anti-inflamasi. Foto: Istimewa

jpnn.com - KETIKA mengalami luka atau terserang infeksi, jaringan tubuh akan merespon dengan membengkak atau mengalami peradangan (inflamasi). Pembengkakan atau peradangan merupakan bagian dari proses penyembuhan sekaligus melindungi tubuh dari serangan infeksi lebih lanjut.

Jika tidak mengalami peradangan, luka tidak akan pernah sembuh. Tetapi jika pembengkakan tidak kunjung reda, maka hal itu bisa menjadi tanda timbulnya masalah.

Peradangan kronis terjadi ketika bengkak berlangsung berkepanjangan dan tidak kunjung reda selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Hal ini dapat menyebabkan gangguan seperti alergi, asma, dan radang sendi.

Diketahui bahwa jahe, kacang-kacangan, lemak ikan dan biji-bijian adalah beberapa dari banyak makanan yang telah disebut-sebut memiliki sifat anti-inflamasi.

Para ahli juga sepakat bahwa makanan ini sebenarnya membantu menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh. Tapi mereka menekankan bahwa menambahkan atau meningkatkan konsumsi salah satu makanan mungkin tidak akan memiliki efek mendalam pada kesehatan seseorang.

Dalam sebuah studi kecil baru yang dipublikasikan bulan ini dalam Journal Nutrition, para peneliti menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi biji rami selama 42 hari mengalami penurunan yang signifikan dalam penanda inflamasi dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi biji rami.

Dalam studi lain, yang diterbitkan pada bulan Oktober 2011 di jurnal Cancer Prevention Research, penulis menemukan bahwa mengambil ekstrak jahe tampaknya mengurangi tanda peradangan usus.

Menurut hasil sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Agustus 2011 di Journal of Biological Chemistry, curcumin (senyawa utama dalam kunyit rempah-rempah, yang digunakan dalam kari) bisa membantu menekan mekanisme biologis yang menyebabkan peradangan pada penyakit dari tendon.

KETIKA mengalami luka atau terserang infeksi, jaringan tubuh akan merespon dengan membengkak atau mengalami peradangan (inflamasi). Pembengkakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News