JPNN.com

Makassar Rusuh, Jakarta 1 Tewas

Kamis, 10 Desember 2009 – 05:33 WIB Makassar Rusuh, Jakarta 1 Tewas - JPNN.com
Mahasiswa gabungan se-Makassar bentrok dengan aparat di depan kantor gubernur Sulsel. Foto: Jumain/Fajar.
JAKARTA - Para aktivis di hampir semua daerah di negeri ini kompak menggelar unjuk rasa pada peringatan Hari Antikorupsi kemarin. Tema yang diangkat sama, yakni menuntut pemerintah mengusut tuntas skandal Bank Century. Sayang, aksi yang seharusnya bisa berlangsung damai itu dinodai tindakan anarkis di Makassar, Sulawesi Selatan.

Di sana sejumlah mahasiswa mengamuk. Tanpa alasan yang jelas, mereka melempari restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) di kawasan Jalan Ratulangi, Makassar. Peristiwa brutal itu terjadi sekitar pukul 14.15 Wita. Akibat lemparan membabi buta itu, hampir semua kaca jendela KFC pecah. Namun, yang paling parah adalah bagian depan sisi kanan restoran tersebut.

Salah seorang security KFC, Taufik, menceritakan, pengunjuk rasa tiba-tiba melemparkan batu saat melintasi tempat tersebut. Tidak jelas apa alasannya. Hanya terdengar kalimat hancurkan hegemoni ekonomi asing di Indonesia. "Setelah itu mereka langsung menyerbu masuk dan melempari kaca jendela di sekeliling restoran itu hingga pecah. Para pelanggan saat itu langsung berlarian ke arah belakang restoran untuk menghindari lemparan batu," tuturnya di lokasi kejadian.

Jumlah mahasiswa yang melakukan aksi pelemparan itu, kata Taufik, puluhan orang. Ada yang masih mengenakan jas almamater, tapi ada juga yang hanya berpakaian biasa. Selain merusak kaca jendela, aksi mereka merusakkan empat mobil yang terparkir di halaman restoran. Empat mobil itu masing-masing Honda Jazz DD 67 ZA, Kijang Innova 1045 AF, Xenia B 7194 BI, dan mobil Jeep DD 579 MD. "Untungnya tidak ada pengunjung yang terkena batu," tambah Taufik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...