MAKI Dorong Kejagung Usut Tuntas Kasus Korupsi Proyek Satelit Kemenhan

MAKI Dorong Kejagung Usut Tuntas Kasus Korupsi Proyek Satelit Kemenhan
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mendukung upaya Menkopolhukam Mahfud MD dan Kejaksaan Agung membongkar dugaan korupsi pengadaan satelit slot orbit 123 derajat Bujur Timur di Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Menurut Boyamin, jika perkara tersebut melibatkan oknum TNI, Kejaksaan Agung tidak memiliki kendala dalam mengungkap kasus yang merugikan negara sekitar Rp 800 milar, karena memiliki Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer (JAMPidmil) yang dapat membetuk tim koneksitas.

“Semestinya ini bisa segera dituntaskan proses penyidikan yang kalau perlu dengan sistem koneksitas bekerja sama dan POM TNI. Saya yakin Kejagung sudah jelas melakukan rencana yang tidak akan mendapatkan kendala,” kata Boyamin, Minggu (16/1).

Boyamin mengatakan MAKI akan mengawal agar proses ini bisa cepat ditangani Kejagung dengan segera menetapkan tersangka dan melimpahkannya ke pengadilan.

Terkait materi dugaan korupsi dalam perkara tersebut, Boyamin menyebutkan ada tiga perbuatan melawan hukum.

Pertama, tidak adanya sebuah anggaran, sehingga tidak ada perencanaan dan tidak ada daftar isian proyek atau daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA).

Menurutnya, dengan tidak adanya penggangaran menjadikan proses-proses berikutnya diduga menyimpang atau bahkan tidak sah atau ilegal berkaitan dengan dugaan pembayaran yang sudah dilakukan sekitar USD 20 juta atau sekitar Rp 280 miliar, yang berpotensi merugikan sampai Rp 800 miliar.

Selain itu, ada dugaan tidak adanya anggaran juga diduga proyek satelitnya tidak berfungsi maksimal.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mendorong Kejagung usut tuntas kasus korupsi proyek satelit Kemenhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News