Malaysia Janji Kurangi Patroli di Ambalat

Malaysia Janji Kurangi Patroli di Ambalat
BAHAS KEDAULATAN- Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono memberikan keterangan pers seusai bertemu dengan Panglima Angkatan Tentara Diraja Malaysia (ATM) Jenderal Tan Sri Abdul Aziz Bin Hj Zainal di Kantor Dephan, Jakarta, Rabu (10/6). Menhan meminta pihak Malaysia mengurangi kegiatan patroli laut yang terdekat dengan wilayah laut teritorial yang merupakan kedaulatan negara Republik Indonesia. Foto: UKON FURKON SUKANDA/INDOPOS
JAKARTA- Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) berjanji mengurangi patroli di dekat wilayah laut teritorial Indonesia. Malaysia juga sepakat untuk melakukan patroli perbatasan perairan bersama. Ini merupakan hasil kesepakatan antara Panglima Angkatan Tentara Diraja Malaysia Jenderal Tan Sri Abdul Azis dan Menhan Juwono Sudarsono di kantor Dephan, Jakarta Rabu (10/.06).

     

"Saya menjelaskan bahwa Angkatan Laut Tentara Diraja Malaysia kalau bisa mengurangi kegiatan patroli yang berdekatan dengan wilayah laut teritorial yang merupakan wilayah kedaulatan kita agar persepsi tentang pelanggaran wilayah kedaulatan dapat dikurangi," kata Juwono usai pertemuan.

     

TNI Angkatan Laut selama ini bertugas untuk mengamankan hak kedaulatan atas wilayah Ambalat yang di luar dari batas laut teritorial di atas 12 Nautical mile. "Itu adalah hak daulat. Hak daulat adalah hak untuk memberi konsesi pada perusahaan pengolah sumber daya alam dan gas kepada pemerintah Indonesia yang telah dilaksanakan sejak 1980 oleh BP Migas dan Kementerian ESDM," jelasnya.

     

Dikatakan Menhan, Jenderal Tan Sri Abdul Azis menyatakan datang dengan setulus hati untuk meredakan situasi. Abdul Azis juga berjanji untuk menyampaikan permintaan Indonesia kepada TLDM.

     

JAKARTA- Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) berjanji mengurangi patroli di dekat wilayah laut teritorial Indonesia. Malaysia juga sepakat untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News