Malaysia Siapkan Kapal untuk Deportasi TKI

Ada 6845 WNI di Penjara Malaysia

Malaysia Siapkan Kapal untuk Deportasi TKI
Malaysia Siapkan Kapal untuk Deportasi TKI
JAKARTA -- Dirjen Pembinaan dan Penempatan TKI, Kemnakertrans, Abdul Malik Harahap menyebutkan, ada 6.845 TKI yang saat ini ada di penjara Malaysia. Menurut Malik, data yang dihimpun dari 23 penjara yang ada di Malaysia itu merupakan data teranyar.

Dia mengatakan, dari jumlah tersebut, 177 TKI akan menjalani hukuman mati, yakni karena kasus narkoba sebanyak 142 orang dan 35 orang karena terlibat kasus pembunuhan dan kejahatan dengan menggunakan senjata api.

Abdul Malik menjelaskan, dari beragam kasus, yang paling banyak dialami TKI adalah kasus keimigrasian. "Yang paling banyak pelanggaran keimigrasian," ujar Abdul Malik pada diskusi bertema "Nasib TKI dan Diplomasi Setengah Hati" di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (28/8).

Dia mengatakan, lantaran kasusnya paling banyak adalah keimigrasian, Kantor Keimigrasian Malaysia selalu siap kapan saja untuk mendeportasi warga Indonesia yang melakukan pelanggaran. "Mereka membuat kontrak dengan perusahaan-perusahaan pelayaran untuk mendeportasi para TKI yang melanggar keimigrasian," ujar Malik.

JAKARTA -- Dirjen Pembinaan dan Penempatan TKI, Kemnakertrans, Abdul Malik Harahap menyebutkan, ada 6.845 TKI yang saat ini ada di penjara Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News