Mandi Sauna Bisa Mengurangi Risiko Strok?

Mandi Sauna Bisa Mengurangi Risiko Strok?
Mandi sauna. Foto: Ilustrasi/standard

jpnn.com - Mandi sauna adalah kegiatan yang aman bagi kebanyakan orang yang sehat dan bahkan orang-orang dengan masalah jantung yang stabil.

Siapa pun yang telah memanfaatkan sauna selepas berolahraga (atau tanpa latihan) tahu seberapa baik kamar kayu yang beruap itu.

Sekarang, berkat penelitian baru, kita juga tahu bahwa menggunakan sauna secara teratur bisa mengurangi risiko terkena stroke secara signifikan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan sauna empat sampai tujuh kali seminggu adalah 60 persen lebih kecil untuk menderita stroke daripada mereka yang menggunakan sauna seminggu sekali.

"Hasil ini menarik karena kegiatan yang orang gunakan untuk relaksasi dan kesenangan juga bisa memiliki efek menguntungkan pada kesehatan vaskular Anda," kata Dr. Setor K. Kunutsor dari Universitas Bristol dan rekan penulis studi tersebut, seperti dilansir laman Sheknows, Minggu (1/7).

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini dan untuk memahami cara-cara yang sauna memengaruhi risiko stroke.

Penelitian observasional 15 tahun memiliki 1.628 peserta dengan usia rata-rata 63 tahun dan tidak ada riwayat stroke.

Subyek mengisi kuesioner selama periode penelitian, memberikan informasi tentang sejumlah indikator kesehatan, termasuk aktivitas fisik dan penggunaan alkohol, kolesterol dan tekanan darah mereka diukur pada awal penelitian.

Mandi sauna adalah kegiatan yang aman bagi kebanyakan orang yang sehat dan bahkan orang-orang dengan masalah jantung yang stabil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News