Manfaat Hidup Bersama Pasangan

Manfaat Hidup Bersama Pasangan
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON – Hidup sendirian tentu bukan hal yang diinginkan. Hidup sendirian kerap disebut sebagai salah satu penyebab munculnya banyak penyakit. Hal itu setidaknya diperkuat dengan studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

Hasil studi menyebutkan, hidup bersama dengan seseorang mengubah sistem kekebalan tubuh menjadi lebih. Peneliti merekrut 670 orang sehat dan mengambil sampel darah untuk menganalisis sistem kekebalan tubuh mereka.

Peneliti kemudian mengikuti sekitar 150 dari objek yang diteliti selama lebih dari enam bulan untuk melihat bagaimana tubuh mereka bereaksi terhadap perubahan di lingkungan.

Para ilmuwan menemukan bahwa 70 pasangan menikah memiliki variasi immune system 50 persen lebih sedikit daripada pria dan wanita yang tidak hidup bersama.

Menurut penulis studi Dr. Adrian Liston, sebanyak 25 persen dari sistem kekebalan tubuh kita ditentukan oleh genetika. Sedangkan 75 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti diet, olahraga, stres tingkat, asupan alkohol dan pola tidur.

“Ketika Anda hidup dengan seseorang, Anda mungkin mengubah risiko penyakit mereka juga," kata Liston seperti dilansir laman Glamour, Kamis (17/3). (fny/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News