Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Menyusui

Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Menyusui
Telur. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Setelah hamil dan melahirkan, wanita butuh nutrisi cukup untuk menunjang pemulihan. Apalagi, perjuangan masih terus berlanjut karena mesti menyusui. Ada beberapa sumber makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena berbagai manfaatnya. Salah satunya adalah telur.

Untuk dapat memulihkan tubuh dan menghasilkan ASI yang berkualitas, ibu harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi lengkap. Jika tidak, tubuh akan merampas cadangan nutrisi untuk diolah dan dikeluarkan sebagai ASI.

Akibatnya, ibu menyusui akan mengalami badan lemas, malnutrisi, dan mudah terserang penyakit. Bahkan, ibu menyusui juga rentan mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang) dan patah tulang di usia senja akibat cadangan kalsium yang diambil untuk ASI.

Supaya nutrisi ibu menyusui bisa tetap terpenuhi meski sibuk mengurus bayi dan rumah tangga, masukkan telur ke dalam menu harian. Pasalnya, telur mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Kandungan nutrisi dalam telur

Telur ayam adalah jenis yang paling umum dikonsumsi sehari-hari. Telur ayam kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang sangat penting untuk menunjang kesehatan ibu menyusui dan bayi.

Menurut sebuah buklet “Tanya Jawab Seputar Telur Sumber Makanan Bergizi” yang diterbitkan oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2010, wanita hamil dan menyusui memerlukan tambahan gizi yang dapat dicukupi dengan makan dua butir telur setiap hari. Hal ini sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan janin dan pembentukan ASI.

Kandungan gizi dalam 100 gram telur ayam segar antara lain:

Untuk bisa memulihkan tubuh dan menghasilkan ASI yang berkualitas, ibu harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi lengkap. Jika tidak, tubuh akan merampas cadangan nutrisi untuk diolah dan dikeluarkan sebagai ASI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News