Sabtu, 17 November 2018 – 01:14 WIB

Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak

Minggu, 08 Juli 2018 – 05:06 WIB
Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak - JPNN.COM

jpnn.com - Setelah memberikan ASI eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga dua tahun, banyak orang tua mulai mempertimbangkan pemberian susu pengganti ASI. Salah satu yang menjadi pilihan adalah susu UHT.

Karena praktis, mudah didapatkan di berbagai tempat, serta rasanya yang enak, susu UHT pun digemari baik oleh anak dan dewasa. Dari segi kandungan zat gizi, apa saja manfaat susu UHT bagi anak?

Mengenal Susu UHT

Susu UHT (ultra-high temperature) adalah susu yang mengalami proses pemanasan pada suhu 135 derajat Celcius selama 1-2 detik sebelum atau setelah pengemasan. Waktu pemanasan yang singkat tersebut bertujuan untuk menghancurkan bakteri atau kuman penyebab penyakit (patogen) tanpa merusak atau mengurangi kandungan gizi dalam susu. Proses ini juga membuat aroma dan rasa susu relatif sama dengan aslinya. Bila masih dalam kemasan, susu UHT bisa disimpan selama 3-6 bulan.

Berbagai manfaat susu UHT

Susu UHT memiliki berbagai manfaat bagi anak, di antaranya adalah:

1. Sumber kalsium.

Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh dan pertumbuhan tidak optimal. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah anak dan mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan stroke di masa depan.

Sumber : Klikdokter
SHARES
TAGS   susu susu segar
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar