Manggala Agni Garda Terdepan Padamkan Karhutla di Sumsel

Manggala Agni Garda Terdepan Padamkan Karhutla di Sumsel
Manggala Agni. Foto: KLHK

jpnn.com, PALEMBANG - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus melakukan pengamanan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang dari ancaman asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Satuan Tugas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumatera Selatan, di mana Manggala Agni KLHK menjadi bagian di dalamnya membentuk posko lapangan pengamanan Jakabaring di beberapa titik di sekitar area di mana Asian Games 2018 sedang diselenggarakan.

Posko lapangan itu dibentuk untuk mendukung posko patroli terpadu yang ada di desa-desa rawan sekitar area Jakabaring. Posko ini diperkuat pasukan reaksi cepat untuk mengantisipasi apabila ditemukan kejadian kebakaran. Posko 1 berada di Kecamatan Pegayut dengan kekuatan dua regu Manggala Agni, satu regu berasal dari Daops Banyuasin dan satu regu BKO dari daops Lahat. Posko 2 berada di Muara Belida yang sekaligus memperkuat dua posko patroli terpadu di lokasi tersebut.

Posko lapangan 1 Kecamatan Pegayut melakukan pemadaman di Desa Ibul atas informasi dari tim patroli terpadu. Posisi Desa Ibul di samping jalaan utama menuju Jakabaring yang dikhawatirkan asap mengarah ke area Jakabaring. Pemadaman di darat yang dilakukan Satgas darat dibantu oleh Satgas udara melakukan water bombing.

“Dalam penanganan karhutla, tidak hanya melalui darat namun penanganan dari udara juga dilakukan. Pesawat Heli KLHK melakukan fly over melalui patroli udara untuk memantau wilayah-wilayah rawan di sekitar Jabaring,” terang Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan.

Raffles menambahkan bahwa saat ini Heli KLHK melakukan patroli udara di wilayah Rantau Bayur Banyuasin-Sungai Rotan Muara Enim-PALI-Sungai Lilin Musi Banyuasin, Kawasan Suaka Margasatwa Dangku, Pulau Rimau Banyuasin -Palembang.

Dari patroli udara masih terlihat beberapa spot kebakaran di wilayah Rantau Bayur, Sungai Lilin dan Pulau Rimau. Lokasi- lokasi ini menjadi prioritas penanganan karena dikhawatirkan dampak asapnya mengarah ke palembang dan area Jakabaring.

Informasi hasil patroli udara segera ditindaklanjuti tim darat dengan pemadaman di Rantau Bayur, Desa Ibul dan Prajen dengan dukungan Satgas Udara melalui water bombing. Untuk pemadaman di Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin ditangani oleh Satgas Kabupaten Musi Banyuasin yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, dan BPBD.

Satuan Tugas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumatera Selatan membentuk posko di sekitar area Asian Games 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News