Manjakan Mata di Hamparan Teratai Danau Taliwang

 Manjakan Mata di Hamparan Teratai Danau Taliwang
Danau Taliwang di Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat, NTB. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, SUMBAWA - Lebo Taliwang termasuk salah satu danau rawa yang terkenal di Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Jika Anda berkesempatan ke wilayah ini, tak ada salahnya berkunjung ke danau yang dikelilingi perbukitan hijau tersebut.

JPNN berkesempatan berkunjung ke danau dengan luas tubuh air serta semak belukar rawa sekitar 900an hektar tersebut bersama rombongan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali dan Nusa Tenggara KLHK, baru-baru ini.

 Manjakan Mata di Hamparan Teratai Danau Taliwang

Saat berkunjung ke danau itu, kebetulan sedang sepi pengunjung sehingga dengan leluasa berkeliling. Taman Wisata Alam yang sedang akan diperbaiki habitatnya tersebut kala itu banyak ditumbuhi eceng gondok dan teratai.

Hamparan eceng gondok yang biasanya terlihat seperti tanaman liar yang mengganggu pemandangan, tampak cantik di situ karena sedang berbunga. Bunga-bunganya berwarna ungu.

"Sebenarnya eceng gondok itu tumbuh liar tapi kalau dalam jumlah besar dan berbunga memang kelihatannya cantik, bagus dilihat," ujar Mahmud Hamid, salah satu nelayan di Danau Taliwang.

Saat ini Danau Taliwang memang sedang diperjuangkan pemerintah setempat untuk diperbaiki kondisi alamnya. Meski begitu, danau itu masih bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.

Saat musim hujan eceng gondok akan tumbuh dalam jumlah besar berbentuk hamparan dan berbunga berwarna keunguan di Danau Taliwang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News