Mantan Ketua KPK Didorong jadi Gubernur DKI

Mantan Ketua KPK Didorong jadi Gubernur DKI
Taufiequrrahman Ruki. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA- Sejumlah aktivis mendorong mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang satu ini untuk maju dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta, tahun depan.

Taufiequrrahman Ruki, ketua KPK periode pertama (2003-2007), plus pelaksana tugas pada Februari hingga Desember tahun lalu itu disebut pantas bertarung di pilkada DKI. 

Para aktivis tersebut antara lain Fahmi Idris, Syahganda Nainggolan, M. Hatta Taliwang, Ratna Sarumpaet, Dojo Edy, Prof. Prijono, Chandra T.  Wijaya, Hary Rusli Moety, Derek Manangka, dan Bursah Zarnubi yang menjadi tuan rumah, dalam pertemuan di Pempek Kita, di Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan, Jumat (25/3) siang.

Menurut mereka, Ruki memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk memimpin ibu kota. Selain tentu saja sudah terbukti memiliki komitmen yang tinggi dalam pemberantasan korupsi.

"Kami semua sepakat dengan Pak TR (Taufiequrrahman Ruki), bahwa sudah saatnya kami mengatakan, mari bung rebut kembali," ujar Hatta Taliwang yang menjadi moderator.

Hatta, seperti aktivis-aktivis lain yang hadir, menilai bahwa proses demokrasi Indonesia saat ini telah dibajak oleh pemilik modal kelas naga yang bisa dengan mudah membeli partai politik dan mendanai individu tertentu yang hendak mereka jadikan kuda troya. "Inilah makna hakiki dari seruan mari Bung rebut kembali," timpal Bursah Zarnubi.

Sementara Ratna Sarumpaet, mengingatkan, yang juga penting dilakukan para aktivis selain mencari kandidat bermutu untuk bertarung dalam pemilihan gubernur adalah terus mengawal proses hukum kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras yang ditengarai berbau korupsi dan melibatkan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Para aktivis yang berkumpul di Pempek Kita itu akan mengusung Taufiqurrahman Ruki sebagai calon dari jalur independen. (dem/rmol)


Berita Selanjutnya:
Mendagri Minta Maaf

JAKARTA- Sejumlah aktivis mendorong mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang satu ini untuk maju dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News