Mantan Presiden Korsel Kim Dae-jung Wafat

Mantan Presiden Korsel Kim Dae-jung Wafat
BERPULANG - Mantan Presiden Korsel, Kim Dae-jung, di saat masih lumayan sehat dan tengah berada di ruangan kerjanya di Donggyo-dong, Seoul, tahun 2006 lalu. Foto: Seok Jae-hyun/The New York Times.
SEOUL - Mantan presiden Korea Selatan (Korsel) Kim Dae-jung, diberitakan baru saja wafat dalam usia 83 tahun di rumah sakit di Seoul. Seperti dirilis BBC, yang mengutip AFP bersumberkan dari keterangan pihak rumah sakit, Kim yang dirawat karena penyakit pneumonia, dipastikan meninggal setelah menderita gagal jantung, sekitar pukul 13.43, Selasa (18/8) waktu setempat.

Salah seorang juru bicara RS Severance - nama rumah sakit tempat Kim dirawat - menjelaskan, bahwa jantung mantan presiden pendahulu Roh Moo-hyun (yang justru meninggal duluan karena bunuh diri Mei lalu, Red) itu, mulai berhenti berfungsi sekitar pukul 13.35 waktu setempat. Hingga akhirnya beberapa menit kemudian, kendati tim medis berupaya mengembalikan fungsinya, jantung Kim pun benar-benar berhenti.

Kim sendiri, yang terpilih sebagai presiden Korsel pada Desember 1997 dan menjabat selama periode 1998-2003, dikenal sebagai tokoh yang berupaya mewujudkan demokrasi serta penyatuan dengan (Korea) Utara. Ia sendiri sudah pernah selamat dari beberapa ancaman terhadap hidupnya (antara lain hukuman mati dan percobaan pembunuhan sebelum menjabat presiden, Red), serta pada tahun 2000 lalu malah dianugerahi hadiah Nobel berkat upayanya memperbaiki hubungan dengan Korut.

Sebagaimana ditulis New York Times pula, tahun 2000 lalu, Kim yang oleh lawan-lawannya sempat disebut sebagai komunis, mengambil langkah strategis dengan berangkat ke Pyongyang untuk menemui pemimpin Korut Kim Jong-il. Itu merupakan pertemuan tingkat tinggi pertama antara pemimpin kedua negara di Semenanjung Korea tersebut. Pertemuan itu kemudian mengarah pada gencatan senjata kedua negara, yang hingga saat itu secara teknis masih 'dalam perang' karena belum sekalipun ada perjanjian damai sejak akhir Perang Korea tahun 1953.

SEOUL - Mantan presiden Korea Selatan (Korsel) Kim Dae-jung, diberitakan baru saja wafat dalam usia 83 tahun di rumah sakit di Seoul. Seperti dirilis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News