Mantap, Kapal Patroli Bakal Disiagakan di Pelabuhan Rote

Mantap, Kapal Patroli Bakal Disiagakan di Pelabuhan Rote
Menhub Ignasius Jonan tinjau Pelabuhan Ba"a Rote, NTT, Minggu (13/3). Foto Dok Kemenhub

jpnn.com - ROTE - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memberikan sejumlah catatan saat meninjau Pelabuhan Ba'a Rote, Minggu (13/3). Jonan menginstruksikan untuk menambah rambu navigasi, meningkatkan pelayanan sampai memperhatikan kebersihan pelabuhan.

Instruksi itu ditujukan kepada kantor unit penyelenggara pelabuhan Ba'a, di bawah Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, selaku pihak yang mengelola. Mantan dirut KAI itu juga berencana menempatkan kapal patroli di sana.

"Menhub mengatakan akan menempatkan kapal patroli di Pelabuhan Ba'a mengingat pelabuhan ini terletak di pulau terluar bagian selatan Indonesia," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, JA Barata dalam siaran persnya.

Pelabuhan Ba'a Rote, merupakan pelabuhan kelas III, memiliki fasilitas gedung terminal penumpang seluas 400 m2, yang baru selesai dibangun 2015. Gedung terminal tersebut mampu menampung hingga 200 orang penumpang.

Setiap harinya pelabuhan ini melayani angkutan kapal penumpang dengan kapal cepat  berkapasitas hingga 200 orang, dengan rute Kupang-Rote pergi pulang (PP) satu kali sehari. Perjalanan dengan kapal memakan waktu kurang lebih 1,5 jam.

"Rote sendiri memiliki hasil bumi seperti rumput laut dan hewan ternak seperti sapi. Karena itu, Pak Jonan telah menetapkan fokus kerja untuk meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana transportasi serta kualitas pelayanan bagi masyarakat," tandas Barata. (chi/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News