Mantap, Surabaya Makin Hijau

Mantap, Surabaya Makin Hijau
Ruang terbuka hijau akan kembali hadir di Surabaya. Yang terbaru ini sedang dalam proses pembangunan. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Surabaya makin hijau. Itu setelah Pemkot membuat ruang terbuka hijau lagi. Lokasinya berada di kawasan Keputran, Tegalsari. Kemarin (9/9) para pekerja terlihat memasang paving dan menghias tembok dengan lukisan mural khas Suroboyoan.

Lokasinya tepat di setren kali belakang Keputran. Sejatinya pengerjaannya sudah dilaksanakan beberapa bulan lalu. Tepatnya pada Mei para pekerja mulai menghias tembok-tembok di kawasan tersebut.

Komunitas mural Budal Isuk Mole Sakkarepe (BIMS) Surabaya ditunjuk untuk menghias tembok sepanjang 400 meter tersebut. Pengerjaannya dibagi menjadi dua tahap. Sepanjang 200 meter pertama dikerjakan pada Mei. Sisanya dikerjakan selama empat hari terakhir. ''Hari ini (kemarin, Red) terakhir pengerjaannya, harus selesai,'' jelas Ketua BIMS Surabaya Luqman Hidayat.

Ada berbagai macam tema gambar yang sudah diselesaikan Luqman dan anggotanya. Paling menonjol dua karakter yang dilukiskan di tembok tersebut. Karakter itu merupakan simbol Kota Pahlawan. Yakni, Suro dan Boyo. Bedanya, dua simbol tersebut digambarkan dalam bentuk kartun sehingga terlihat lucu. ''Tapi tetap tidak kehilangan kesan ganasnya,'' tambah Luqman.

Sisanya, Luqman menggambar tanaman di beberapa temboknya. Gambaran tersebut menunjukkan banyaknya ruang terbuka hijau di Surabaya. Pemkot memang tidak memberikan pesan kepada Luqman terkait gambar yang ingin dibuat. ''Pokoknya terlihat berwarna gitu saja,'' ucapnya.

Taman tersebut memang belum dibuka untuk umum. Pembukaannya baru direncanakan pertengahan bulan ini. Jadi, pengerjaannya segera dikebut untuk memenuhi target. ''Saya kurang paham kapan akan dibuka. Tetapi sepertinya memang dalam waktu dekat ini,'' ucap Luqman. (bin/c15/ady) 

Paling menonjol dua karakter yang dilukiskan di tembok tersebut. Karakter itu merupakan simbol Kota Pahlawan. Yakni, Suro dan Boyo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News