Mardani PKS: Kenaikan Iuran BPJS Menyakiti Hati Rakyat

Mardani PKS: Kenaikan Iuran BPJS Menyakiti Hati Rakyat
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di Jakarta Pusat, Sabtu (27/7). Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera heran atas wacana pemerintah yang mau menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Sebab, pemerintah juga mewacanakan pemindahan ibu kota di saat iuran mau dinaikkan.

"Keinginan memindahkan ibu kota dengan biaya besar, di sisi lain malah menaikkan iuran BPJS Kesehatan, dapat mencederai hati nurani dan rasa keadilan rakyat," ungkap Mardani saat dihubungi awak media, Senin (2/8).

Menurut Mardani, wacana menaikkan iuran BPJS Kesehatan memberatkan beban hidup rakyat kecil. Selain itu, rakyat bakal merasa diperlakukan tidak adil atas wacana menaikkan iuran BPJS Kesehatan.

BACA JUGA: Iuran BPJS Kesehatan akan Dinaikkan, tak Berdampak pada 10 Ribu Lebih Warga Miskin

Mardani menerangkan, carut-marut yang terjadi di BPJS Kesehatan, terletak pada pengelolaan yang buruk. Defisit yang terjadi di BPJS Kesehatan, bukan karena kecilnya iuran publik.

"Menurut saya menaikkan iuran ini tidak adil, karena akar masalah sesungguhnya ada pada pengelolaan BPJS Kesehatan yang amburadul, bukan pada kecilnya iuran yang dikutip dari masyarakat. Jangan bebani rakyat terhadap masalah yang bersumber dari dalam BPJS," lanjut dia.

Dalam catatan Mardani, setidaknya tiga kelas dalam iuran BPJS Kesehatan yang bakal mengalami kenaikan. Kelas I dari Rp 80 ribu menjadi Rp 160 ribu. Kelas II dari Rp 51 ribu menjadi Rp 110 ribu. Kelas III dari Rp 25,5 ribu menjadi Rp 42 ribu.

"Pemerintah beralasan kenaikan untuk menutup defisit BPJS tahun 2019 yang diperkirakan sebesar Rp 28,5 Triliun," ucap Mardani. (mg10/jpnn)


Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera heran atas wacana pemerintah yang mau menaikkan iuran BPJS Kesehatan


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News