Maret, Pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Dimulai

Maret, Pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Dimulai
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin akan dimulai pada Maret 2017. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya ke Banjarmasin, Minggu (5/2).

"Awal Maret dibangun. Selesai awal 2019. Insya Allah tidak molor," ucap Budi.

Saat ini pergerakan penumpang di Bandara Syamsuddin Noor sudah mencapai 3,5 juta penumpang pertahunnya. Sementara kapasitas terminal seluas 9.043 m2 tersebut hanya mampu menampung hingga 1 juta penumpang pertahunnya.

Sementara panjang runway baru sepanjang 2500 x 45 m2, dan appron yang mampu menampung hanya 12 pesawat saja.

"Pembangunan tahap I direncanakan akan dimulai pada Maret 2017," jelas Budi.

Adapun pembangunan yang dilakukan di antaranya meliputi, perluasan terminal menjadi 50.359 m2 yang bisa menampung hingga 6 juta penumpang pertahunnya. Perpanjangan runway hingga 3000x45 m2, dan perluasan appron berkapasitas hingga 18 pesawat.

"Banjarmasin kota yang luar biasa. Untuk itu kami ingin masyarakat Banjarmasin maju. Dan menjadi kewajiban negara melalui PT Angkasa Pura I untuk menghadirkan bandara yang bisa melayani masyarakat dengan baik. Biasanya kalau bandara diperbesar, penumpang akan meningkat dan daerah di sini maju," tutur Budi.(chi/jpnn)


Pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin akan dimulai pada Maret 2017. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News