Mario Gotze Akhiri Kutukan Negara Eropa di Amerika

Mario Gotze Akhiri Kutukan Negara Eropa di Amerika
Mario Gotze (kiri) bersama Jerome Boateng melakukan selebrasi usai menjebol gawang Argentina. Getty Images

jpnn.com - RIO DE JANERIO - Kutukan negara-negara Eropa yang tak pernah memenangi Piala Dunia tiap kali digelar di Benua Amerika akhirnya patah. Itu terjadi setelah Jerman mampu menekuk Argentina lewat babak tambahan waktu dengan skor 1-0 (0-0) pada partai final yang dilangsungkan di Estadio Maracana, Senin (17/4) dini hari WIB.

Jerman harus berterima kasih pada Mario Gotze yang mampu mencetak gol semata wayang pada menit ke-112. Saat itu, penggawa Bayern Muenchen tersebut mampu mencetak gol indah setelah memanfaatkan umpan Andre Schurrle.

Selama ini, prestasi terbaik negara-negara Eropa di Piala Dunia yang dilangsungkan di Benua Amerika hanyalah menghuni runner up. Catatan itu dibukukan Cekoslovakia dan Belanda yang mampu menjadi runner up pada edisi 1962 yang digeber di Chili dan 1978 di Argentina.

Bagi Jerman, itu adalah gelar keempat sepanjang keikut sertaannya di turnamen sepakbola empat tahunan tersebut. Sebelumnya, Tim Panser, julukan Jerman mampu menjadi juara pada edisi 1954, 1974 dan 1990 silam.

Selain itu, gelar tersebut mengakhiri kutukan semifinal yang dibukukan Jerman dalam tiga Piala Dunia terakhir. Sebelumnya, Jerman memang selalu mampu melaju ke semifinal di Piala Dunia 2002, 2006 dan 2010. Namun, presasi terbaik hanyalah menjadi runner up pada edisi 2002 silam. (jos/jpnn)

 


RIO DE JANERIO - Kutukan negara-negara Eropa yang tak pernah memenangi Piala Dunia tiap kali digelar di Benua Amerika akhirnya patah. Itu terjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News